• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Unsur Kompetensi Pemandu Gunung

 on Monday, May 9, 2016  

Unsur-Unsur Kompetensi Yang Harus dipahami Oleh Para Pemandu Gunung..!!

Gunung merupakan anugerah / khasanah Alam dan bukti kekuasaan Tuhan, dimana kita akan mendapatkan suguhan pemandangan yang begitu indah serta semilir angin yg sangat sejuk, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan taman wisata, tidak sedikit orang yang meluangkan waktu, long weekend mereka dengan mendaki, bahkan sudah menjadi sebuah hoby. mengenai mendaki, tidak sembarang orang yang bisa berjalan sendiri tampa seorang pemandu, beda halnya dengan berwisata pantai dll. karena, hoby yang satu ini bisa dibilang sangat ekstream, bahkan beberapa dari para pendaki sampai harus kehilangan nyawa pada saat mendaki, maka dari itu, untuk mendaki kita diharuskan membawa seorang tutor / pemandu. namun seorang pemandu juga harus dapat memahami beberapa unsur kompetensi guna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Ada tiga unsur kompetensi dalam pemanduan gunung. 
  1. Kompetensi umum,
  2. Kompetensi fungsional atau kompetensi inti, dan terakhir
  3. Kompetensi pendukung.
Kompetensi umum adalah : unsur hospitality dalam kepemanduan wisata. Didalamnya terdapat unsur kerja sama dengan wisatawan dan kolega, menangani konflik, unsur K3 (kesehatan, keselamatan dan keamanan), serta tata cara kerja dalam berbagai lingkungan sosial.

Kompetensi inti merupakan teknik pendakian dengan mengutamakan keberhasilan dan keselamatan wisatawan. Terdiri dari 11 unsur. diantaranya; 
  • persiapan pendakian terbagi dalam tiga unsur: dokumen, logistik dan itinerary. 
  • teknik pendakian yang terdiri dari tiga unsur, yakni menangani wisatawan, teknik pendakian dan komunikasi untuk petunjuk pendakian. 
  • contigency dalam pendakian yang juga memiliki tiga unsur. Pertama kegiatan interpretasi mengingat banyak faktor di pendakian dapat mengubah pelaksanaan rencana pendakian kemudian orientasi medan dan cuaca, dan ketiga penangan bahaya di gunung. 
  • Bagian akhir terdiri dari dua unsur yang menyangkut komunikasi pada pendakian, yakni penyampaian pesan dan laporan pendakian.
Kompetensi pendukung adalah kemampuan bekerja di usaha wisata. Mencakup lima unsur komunikasi, administrasi, komputerisasi, dan bahasa asing. (adiseno)



Unsur Kompetensi Pemandu Gunung 4.5 5 Unknown Monday, May 9, 2016 Unsur-Unsur Kompetensi Yang Harus dipahami Oleh Para Pemandu Gunung..!! Gunung merupakan anugerah / khasanah Alam dan bukti kekuasaan ...


1 comment:

J-Theme